PLAYSTATION BISA MENJADI CANDU BAGI ANAK

Diposting oleh download driver Selasa, 27 Oktober 2009

 

playstation game Mengapa playstation di gemari anak-anak?Hal ini menurut psikolog Miranda Zarfiel,lebih di sebabkan sifat permainan ini yang begitu menantang karena setiap jenis permainan di beri nilai.Pemberian nilai ini menjadikan anak saling berlomba untuk mendapatkan nilai yang tertinggi.Nilai tertinggi yang di peroleh anak di bandingkan dengan teman-temannya memunculkan sebuah kebanggaan dalam diri anak.Karena itu,bagi anak yang nilainya masih rendah,mereka ingin mengulang lagi dan mengulang lagi sampai mereka memperoleh nilai tinggi menyamai atau malahan kalau bisa melebihi nilai yang di peroleh teman-temannya.

Sementara itu,menurut Bu Kasur,pemerhati masalah anak,playstation di gemari anak-anak karena playstation menyediakan aneka ragam permainan,seperti:sepak bola,rally atau grand prix motor dan mobil,permainan strategi,dan perkelahian.jenis-jenis permainan itu notabene adalah prmainan anak-anak.

Dampak lain,menurut Bu kasur,karena anak terlalu sering menghabiskan waktunya brmain di depan layar monitor,menyebabkan anak kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya. Hal ini jelas kurang baik sebab pada masa anak-anak,sosialisasi sangat penting bagi perkembangan jiwa anak. Tak itu saja resikonya.dalam bermain playstation,biasanya anak dapat bertahan lama-lama di depan layar monitor. Hal ini bila di lakukan terus menerus dalam jangka waktu lama dapat mengganggupenglihatan.

Meski demikian,bukan berarti anak harus di hindarkan dari permainan modern ini. Sebab,permainan ini sebetulnya baik-baik saja karena membantu anak memasuki dunia yang lebih luas. Hanya,orang tua dapat mengntrol ketika anak sedang bermain permainan ini. Jadi,kalau ada anak malas belajar karena mereka capek habis main playstation seharian misalnya,jangan di slahkan permainannya atau menyalahkan rental-rental playstation yang kini tumbuh di mana-mana. Tapi salahkan orang tuanya. Itu artinya orang tua tak mampu mengontrol anak saat bermain playstation.

ORANG TUA PERLU MENDAMPINGI

Menurut Miranda Zarfiel, mengingat keterlibatan orang tua begitu penting saat anak bermain playstation, maka orang tua perlu mendampingi anak barang kali 10 menit saja ketika anak sedang bermai. Apalagi jika anak bermain di tempat penyewaan. Di khawatirkan tempat penyewaan ini menjadi ajang peredaran narkoba. Hanya,ketika mendampingi anak, harus di landasi kerelaan hati dan senang.jangan sampai ada rasa paksaan.

Sementara itu Bu kasur memberikan resep, untuk mencegah anak bermain berlebihan di rental, orang tua agar tidak memberikan uang saku berlebihan pada anak. Selain itu, sepulang sekolah sebisa mungkin anak di larang berkeliaran dan harus pulang dulu ke rumah. Sehingga sepulang sekolah anak tidak langsung nongkrong di rental terdekat.

A.PANDANGAN SEBAGIAN ULAMA TENTANG PLAYSTATION

Menurut sebagian ulama menjauhkan anak-anak dari PlayStation sama pentingnya dengan memberikan jumlah jam tidur yang cukup untuk mereka.

Meski demikian bukan berarti sebagian ulama melarang peredaran PlayStation, “Pemerintah tidak dapat melarang penggunaan Playstation, tetapi para orang tua-lah yang dapat melakukannya” ujarnya .

Meski playstation ada kebaikannya,karena dapat melatih anak untuk berfikir dan bertindak cepat,seperti permainan balap mobil,tetapi mewabahnya permainan ini juga harus di sikapi oleh para orang tua.karena permainan ini begitu di gemari anak,sehingga tak menutup kemungkinan anak menjadi malas belajar karena anak begitu kecanduan permainan ini.juga,tak menutup kemungkinan tertundanya kegiatan anak yang lain,seperti terlambat makan,mandi dll.

Apalagi pada zaman sekarang ini banyak anak-anak yang malas mengaji bahkan sama sekali tidak bisa mengaji,hal itu di pengaruhi dengan adanya berbagai macam permainan seperti playstation.

0 komentar:

Posting Komentar